Will Smith Oscar 2016

Will Smith Ikut Memboikot Oscar 2016

167

Will Smith Oscar 2016

Setelah pengumuman nominasi Oscar beberapa waktu yang lalu, sejumlah artis ternyata merasa kecewa dengan hasil yang dibacakan. Spike Lee dan Jada Pinkett Smith adalah yang pertama kali memulai penolakan terhadap hasil nominasi tersebut, lalu kemudian disusul oleh suami dari Jada Pinkett Smith, yaitu Will Smith yang juga tak akan hadir dalam ajang penghargaan tahunan ini. Mereka bertiga merasa bahwa nominasi yang diberikan Oscar dua tahun ke belakang hanyalah pesta kaum kulit putih semata.

Awalnya belum ada kabar mengenai keikutsertaan Will Smith dalam pemboikotan acara Oscar tahun ini. Namun, dalam acara Good Morning America, ia menyatakan tak akan datang atau menonton acara penghargaan Oscar tahun ini.

“No. My wife’s not going. It would be awkward to show up with Charlize (Theron). We’ve discussed it. We’re part of this community. But at this current time, we’re uncomfortable to stand there and say, ‘This is OK.'”

Will Smith pernah masuk dalam nominasi Oscar sebanyak dua kali sepanjang karirnya dengan film Ali dan The Pursuit of Happyness. Meskipun dua kali masuk nominasi, ia tak sekalipun berhasil membawa pulang piala berbentuk manusia berpedang tersebut. Smith dikalahkan oleh aktor kulit hitam lainnya yaitu Denzel Washington di tahun 2002 dengan film Training Day, dan Forest Whitaker di tahun 2007 dengan film The Last King of Scotland. Smith merasa bahwa Academy yang sekarang menuju arah yang salah.

“To me, that was huge. So when I see this list and series of nominations that come out – and everybody is fantastic. That’s the complexity of this issue. … But it feels like it’s going in the wrong direction. There’s a position that we hold in this community and if we’re not a part of the solution, we’re part of the problem. And it was her call to action for herself and for me and for our family to be a part of the solution. [For] my part, I think I have to protect and fight for the ideals that make our country and our Hollywood community great. And so when I look at the series of nominations of the Academy, it’s not reflecting that beauty.”

Oscar 2016 yang diselenggarakan pada 28 Februari ini memang sedang menjadi topik hangat di kalangan filmmaker Hollywood. Banyak kejutan yang tersaji setelah nominasi diumumkan, dan salah satunya gerakan boikot yang diluncurkan oleh beberapa penggiat film berkulit hitam ini. Dengan waktu kurang lebih satu bulan lagi, mari kita tunggu perkembangan dari isu menjelang Oscar 2016.

Baca Juga:  Inilah Deskripsi Karakter dari Saban’s Power Rangers

Baca juga: 8 Kejutan dari Nominasi Oscar 2016