Transformasi Fisik Aktor Hollywood

Transformasi Ekstrim Para Aktor Hollywood dalam Film

146

Transformasi Fisik Aktor Hollywood

Mungkin bagi sebagian dari kita, menjadi kurus atau menjadi gemuk dalam waktu yang singkat adalah perihal yang tak mudah. Namun sepertinya masalah ini tak berlaku bagi sejumlah aktor kawakan Hollywood. Dengan dedikasi yang tinggi serta effort maksimal yang mereka lakukan, nampaknya merubah bentuk fisik sesuai dengan kebutuhan film adalah hal yang begitu sederhana. Meskipun di balik layar ada banyak perjuangan yang mereka lakukan, tapi bagi penonton awam tentu tampilan dalam layar lah yang jadi kesimpulan. Pada artikel kali ini, ada beberapa aktor Hollywood yang melakukan transformasi ekstrim pada fisiknya agar tampil sempurna dalam film. Siapa saja mereka?

Jared Leto

Tak hanya mahir dalam bidang musik, Jared Leto juga sangat mumpuni dalam kancah seni peran. Dedikasi yang ia lakukan pun bukan main-main, bahkan begitu ekstrim. Dalam film Chapter 27, Leto yang berperan sebagai Mark David Chapman harus menaikkan berat badannya agar terlihat begitu gemuk. Dengan memakan banyak pizza, pasta, es krim, dan coklat, Leto berhasil menambah berat badannya hingga 30 kg. Sontak penampilan dan rupa Jared Leto pada film ini terlihat sangat berbeda dengan fisik aslinya.

Tak berhenti di sini, Leto kembali menunjukkan dedikasinya dalam seni peran pada film Dallas Buyers Club. Berbeda dari film Chapter 27 yang mengharuskan Leto menambah berat badan, Ia yang berperan sebagai Rayon dalam film Dallas Buyers Club justru menurunkan berat badannya secara drastis hingga 18 kg. Selain berat badannya, Leto yang berperan sebagai transgender pengidap HIV pun diberi make up begitu apik hingga susah dikenali. Penampilan serta akting sempurnanya dalam film Dallas Buyers Club berhasil membawakan Leto piala Oscar dalam kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role di tahun 2014.

Christian Bale

Aktor yang satu ini harus diakui memiliki dedikasi yang tinggi sebagai aktor film. Seperti memiliki ‘kemampuan’ khusus, Bale bisa menurunkan berat badannya secara drastis dan menaikkannya dengan mudah. Dalam film The Machinist, Bale yang ditunjuk untuk berperan sebagai Trevor Reznik harus mengurangi banyak berat badannya agar sesuai dengan naskah dan karakter yang akan ia perankan. Fisiknya pun secara drastis berubah, ia terlihat sangat kurus dengan tulang yang nampak begitu jelas. Rekannya, Michael Ironside berkata bahwa transformasi fisik yang dilakukan oleh Bale cukup menakutkan karena ternyata elastisitas otot Bale pun juga terpengaruhi. Hebatnya, 6 bulan kemudian Bale sudah kembali ke fisiknya terdahulu dengan menaikkan berat badannya hingga 27 kg untuk perannya dalam film Batman.

Tak berhenti di situ, transformasi fisik Bale dalam film American Hustle juga begitu memukau. Ia yang berhasil mengembalikan bentuk fisiknya ke batas wajar dalam film Batman kembali merombak berat badannya. Berperan sebagai Irving Rosenfeld, ia menaikkan berat badannya hingga 20 kg agar bisa terlihat gemuk. Diungkapkan oleh Bale, dirinya mengaku bahwa cara untuk menambah berat badan yang ia lakukan adalah dengan makan banyak donat, burger, dan apapun di hadapannya yang bisa ia makan.

Charlize Theron

Banyak yang baru mengenal aktris ini setelah penampilan memukaunya dalam film Mad Max: Fury Road. Namun jangan salah, sepak terjang Charlize Theron sudah diakui oleh banyak pihak jauh sebelum film Mad Max: Fury Road yaitu pada film Monster tahun 2003. Transformasi fisik yang dilakukan oleh Theron dalam film tersebut bisa dibilang begitu jarang dilakukan oleh pelaku seni peran wanita. Menjadi pembunuh berantai dengan nama Aileen Wuornos, Theron menaikkan berat badannya hingga 14 kg agar bisa menyerupai sang tokoh nyata tersebut. Dari segi berat badan mungkin tak terlalu ekstrim, namun make up yang diberikan pada Theron sanggup membuat kita pangling karena parasnya yang begitu berbeda. Agar terlihat mirip dengan karakter aslinya, Theron mencukur alisnya, memasang gigi palsu, dan diberi make up jerawat.  Atas dedikasinya ini, Theron berhasil menyabet penghargaan sebagai aktris terbaik Oscar pada tahun 2004.

Matthew McConaughey

Bermain dalam film Dallas Buyers Club, aktor kelahiran Texas ini harus menyesuaikan fisiknya seperti tokoh nyata pengidap HIV, Ron Woodroof. Menjadi karakter seorang pasien yang juga aktivis, McConaughey tak hanya bertranformasi dari segi fisik semata, ia pun mempelajari sisi emosional Ron Woodroof. Untuk mendalami perannya, McConaughey ternyata melakukan diet dan menurunkan berat badannya secara ekstrim. Ia yang tak tahu harus sejauh mana mengurangi berat badannya  ternyata berhasil menurunkan hingga 21 kg. Effort-nya ini ternyata tak sia-sia karena Matthew McConaughey berhasil meraih penghargaan sebagai aktor terbaik Oscar pada tahun 2014.

Baca juga: Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Proyek Film The Dark Tower