Serangan Kejutan dalam Nominasi Oscar 2017

94

oscar 2017

Nominasi untuk ajang penghargaan bergengsi dalam dunia perfilman, Academy Awards atau dikenal dengan sebutan Oscar, yang ke-89 baru saja diumumkan. Seperti yang diperkirakan, La La Land mendominasi nominasi Oscar kali ini. Tidak tanggung-tanggung, film ini berhasil masuk ke dalam 14 nominasi. Namun, dalam nominasi yang diumumkan kali ini juga dipenuhi dengan berbagai kejutan lainnya (via Collider), tidak hanya sekadar La La Land yang meraja atau Deadpool yang sama sekali tidak masuk ke dalam nominasi Oscar.

Seperti yang telah dimumkan, dalam kategori Best Actress Oscar kali ini nominatornya adalah Isabelle Huppert (Elle), Ruth Negga (Loving), Natalie Portman (Jackie), Emma Stone (La La Land), dan Meryl Streep (Florence Foster Jenkins). Hal yang menarik adalah nama Amy Adams tidak masuk ke dalam kategori ini. Sebagai catatan, sebelumnya Adams juga pernah masuk ke dalam lima kategori Oscar. Di samping itu, film yang dibintanginya, Arrival, mengantongi delapan nominasi dan akting Adams dalam film ini juga mendapat sambutan hangat yang membuat dirinya pantas untuk kembali masuk ke dalam jajaran nominasi Best Actress Oscar 2017.

Kejutan berikutnya datang dari nominasi Best Supporting Actor. Kalau dalam penghargaan Golden Globes kemarin memasukkan nama Aaron Taylor-Johnson dari Nocturnal Animals ke dalam kategori Best Supporting Actor, Oscar mengambil langkah lain dengan menominasikan Michael Shannon dari film yang sama. Hal ini tentu cukup mengejutkan. Pasalnya, Taylor-Johnson tidak hanya masuk ke dalam nominasi, tapi dia juga berhasil menyabet piala Golden Globes untuk kategori tersebut. Peran yang dimainkan keduanya memang luar biasa, namun setidaknya nama Taylor-Johnson juga pantas untuk masuk ke dalam nominasi Best Supporting Actor Oscar.

Selanjutnya adalah proyek dokumenter Weiner yang gagal masuk ke dalam nominasi Best Documentary Feature. Proyek yang mengisahkan kampanye dari Anthony Weiner untuk walikota New York ini disebut-sebut sebagai salah satu film dokumenter terbaik. Bahkan banyak yang berpendapat film ini akan mengambil jatahnya dalam Oscar ke-89 kali ini.

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2017!

Kemudian Mel Gibson yang berhasil mencantumkan namanya dalam nominasi Best Director. Memang tampaknya hal ini tidak terlalu mengejutkan karena Hacksaw Ridge yang digarapnya meraih sukses yang tidak sedikit. Namun, ini cukup menarik karena nominasi Best Director merupakan salah satu nominasi yang cukup “berat”. Selain itu, Oscar kali ini menjadi titik kembalinya Gibson dalam nominasi Best Director setelah sebelumnya dia memenangkan nominasi yang sama dalam Oscar untuk Braveheart (1995).

Dan kejutan dari Oscar ke-89 yang menguncang berikutnya adalah nominasi dalam Oscar kali ini tidak hanya diisi oleh “kulit putih”. Mengingat peristiwa dalam Oscar di tahun sebelumnya yang memancing reaksi keras karena didominasi kuat oleh “kulit putih”, kali ini kualitas dan popularitas film, seperti Moonlight, Fences, dan Hidden Figures, yang luar biasa membuat Oscar tidak kuasa mengikutsertakan film beserta talent “berkulit hitam” ke dalam sejumlah nominasi. Sebut saja nominasi Best Actress yang tiga nominatornya berkulit hitam, Bradford Young, seorang Afrika-Amerika yang masuk ke dalam nominasi Best Cinematography untuk film Arrival, dan Barry Jenkins yang masuk ke dalam nominasi Best Screenplay, Best Director, dan Best Picture untuk Moonlight.

Selain didominasi oleh La La Land, film Arrival dan Moonlight juga mendapatkan nominasi yang cukup banyak dengan delapan nominasi, sedangkan Hacksaw RidgeLion, dan Manchester by the Sea mendapat enam nominasi. Diadakan pada tanggal 26 Februari 2017 di Dolby Theatre at Hollywood & Highland Center, Hollywood, Jimmy Kennel akan memandu ajang penghargaan bergengsi yang satu ini.