Pemeran Iron Fist

Pemilihan Pemeran Iron Fist Menuai Kritik

387

Pemeran Iron Fist

Tidak semua orang senang dengan terpilihnya bintang serial Games of Thrones, Finn Jones untuk berperan sebagai Daniel Rand alter ego dari Iron Fist di serial Marvel’s Iron Fist yang akan ditayangkan oleh Netflix. Hal ini terlihat dari pendapat para fans yang menilai pemilihan ini mengandung unsur SARA. Sebelumnya beredar rumor bahwa pemeran Daniel Rand akan diberikan kepada aktor keturunan Asia-Amerika, namun akhirnya jatuh ke tangan Jones yang notabene-nya merupakan aktor kulit putih. Hal ini menimbulkan kemarahan para fans yang menganggap pemilihan ini terlalu mementingkan kaum kulit putih dan tidak memberikan kesempatan pada aktor dari “ras” lain (dalam hal ini Asia).

Sebagian besar para penggemar tersebut menumpahkan kekesalan mereka di media sosial dengan menggunakan  hastag #AAIronFist. Setelah kontroversi Oscar yang sepertinya tidak menghargai aktor kulit hitam dan lainnya, kemudian pemilihan cast film Gods of Egypt yang tidak sesuai dengan perannya, pemilihan Joseph Fiennes untuk memerankan Michael Jackson dan Joel Edgerton yang berperan sebagai Pharaoh di Exodus: Gods and Kings, Hollywood tampaknya tidak meghargai keberagaman dalam industri perfilman internasional. Hal ini lah yang semakin memicu “kemarahan” para fans tersebut dalam pemilihan pemeran Iron Fist ini.

Baca Juga:  Sam Mendes Akan Mengarahkan 1917 untuk Steven Spielberg

Marvel’s Iron Fist merupakan proyek ke-empat dari kerja sama antara Marvel dan Netflix setelah sebelumnya bekerja sama di serial Daredevil, Jessica Jones ,sebuah serial yang akan segera disiarkan Luke Cage, sampai akhirnya mereka akan bergabung dalam The Defenders. Sebelumnya beredar rumor bahwa pihak Marvel dan Netflix akan mengkasting aktor keturunan Asia-Amerika untuk menghidupkan karakter utama serial ini, Daniel Rand. Meskipun demikian, aktor-aktor seperti Alain Moussi, Luke Bracey serta Christian Howard pernah dirumorkan akan memerankan karakter utama.

Baca Juga: Marvel dan Netflix Telah Menemukan Pemeran Iron Fist

Sinopsis resmi dari serial Iron Fist ini akan menceritakan seseorang bernama Daniel Rand yang kembali ke New York setelah menghilang secara misterius selama beberapa tahun. Dia kemudian mempunyai kemampuan bela diri yang luar biasa. Dia mampu mengeluarkan jurus-jurus kungfu yang sangat ampuh serta mempunyai ilmu yang dijuluki Iron Fist.

“Returning to New York City after being missing for years, Daniel Rand fights against the criminal element corrupting New York City with his incredible kungfu mastery.”

Iron Fist adalah karakter superhero yang muncul dalam komik Marvel. Diciptakan oleh Roy Thomas dan Gil Kane, ia pertama kali tampil di Marvel Premiere # 15 (Mei 1974). Iron Fist yang mempunyai alter ego bernama Daniel Rand adalah seorang praktisi seni bela diri dan pemegang dari kekuatan mistis yang dikenal sebagai Iron Fist.