Mengatasi Sebuah Kehilangan dalam Film P.S. I Love You

93

P.S. I Love You

Holly Kennedy (Hilary Swank) menemukan dirinya tenggelam dalam duka dan kesedihan setelah ditinggal meninggal oleh suaminya Gerry (Gerard Butler) karena tumor otak. Holly berhasil melewati masa duka dan kesedihannya dalam hidup dengan bantuan dari Gerry sendiri. Bantuannya berupa surat yang telah ditulis Gerry tanpa sepengetahuan Holly sebelum dirinya meninggal. Sepuluh surat yang selalu diakhiri dengan tulisan “P.S. I Love You” ini menjadi panduan bagi Holly dalam perjalanannya menemukan kembali dirinya sendiri dan membantunya dalam melalui proses penyembuhan dari duka kehilangan.

P.S. I Love You adalah sebuah film yang mengajak kita untuk melihat proses yang dialami setiap orang dalam mengatasi sebuah kehilangan. Sebuah kehilangan akan memicu sebuah proses psikologis pada manusia, yang disebut dengan berduka. Duka terjadi akibat kehilangan seseorang atau sesuatu yang kita cintai dengan sangat. Pengalaman ini dapat sangat menyakitkan, bahkanterkadang rasanya begitu menyakitkan, sampai-sampai kita merasa bahwa rasa sakit tersebut tidak akan pernah dapat hilang dari kita. Tidak ada cara yang benar atau salah dalam berduka, tetapi terdapat cara yang sehat dalam mengatasi rasa sakit dari kehilangan tersebut.

Hal pertama yang penting dalam proses penyembuhan adalah dukungan dari orang lain. Saat kita berduka, jangan berduka sendirian. Berhubungan dengan orang lain yang kita kasihi akan membantu kita sembuh.Walaupun mungkin kita tidak terlalu nyaman dalam membicarakan perasaan kita dalam situasi normal, tetapi dalam masa duka, mengekspresikan perasaan kita adalah hal yang penting. Berbagi kehilangan kita kepada orang lain yang dekat dengan kita, akan membuat beban kita menjadi lebih ringan. Dalam film, salah satu hal yang membuat Holly dapat melalui masa kehilangannya adalah ia memiliki dua teman baik wanita yang selalu ada untuk dirinya.

Hal penting kedua adalah merawat diri kita sendiri dengan baik. Seringkali orang yang sedangberduka tidak peduli dengan kondisi badan sendiri. Lupa makan, tidak menjaga kesehatan, memilih untuk selalu tidur, dan sebagainya, justru hal tersebut akan membuat diri kita semakin sulit untuk keluar dari rasa duka kita. Tubuh yang baik dan sehat adalah langkah awal yang penting untuk memampukan kita menghadapi gejolak kehilangan kita dengan baik.

Terakhir, carilah sebuah cara kreatif dalam mengekspresikan kesedihan kita, seperti hobi maupun pekerjaan yang kita sukai. Hal tersebut adalah cara penyaluran emosi yang sehat. Terlihat dalam film, kesibukan Holly dalam belajar mendesain sepatu adalah cara yang efektif dan kreatif dalam mengalihkan perasaan negatifnya dengan cara yang kreatif dan membangun.

Dalam hidup, Kita tidak dapat memilih untuk dapat menghindardari sebuah kehilangan.Tetapi kita mampu memilih untuk berjuang menghadapinya dengan sehat. Bertabah dan berjuanglah, karena dibalik sakitnya sebuah kehilangan terdapat sebuah kesempatan untuk memulai sebuah hidup yang lebih baik.

Oleh: 

William S. Budiman

@WilliamSBudiman | www.williambudiman.com |

Psychological Health Practitioner, Penulis, Blogger, Founder of Aethra Learning Center