Membahas Visual Effect Film Chappie

296

Visual Effect Film Chappie

Chappie adalah film yang mengisahkan tentang kondisi masa depan, di mana kejahatan dipatroli oleh robot (droid) polisi yang diatur khusus untuk melawan para komplotan penjahat. Namun, ketika salah satu droid polisi, Chappie, dicuri dan diberikan pemrograman baru, ia menjadi robot pertama dengan kemampuan berpikir dan dapat merasakan tubuhnya. Chappie dilatih agar dapat melawan para droid lainnya dan juga melawan droid terkuat yaitu Moose. Banyak scene yang memorable dalam film besutan dari Neil Blomkamp ini, seperti pada saat Chappie dilatih menjadi robot badass dan saat melawan Moose dalam pertarungan terakhirnya.

Jauh sebelum pembuatan Chappie, Blomkamp terlebih dulu dikenal lewat film District 9 yang melambungkan namanya. Lewat film tersebut, ia menunjukkan kemahirannya dalam membuat film-film sci-fi yang realistik. Untuk Chappie sendiri, Neill membuat filmnya seperti robot dalam film pendeknya Tetra Vaal (2004), hanya saja untuk film panjangnya ditambahkan unsur komedi dan action dengan porsi lebih banyak. Adegan dalam Chappie memang banyak menggunakan efek visual di dalamnya. Seperti pada pembuatan karakter Chappie yang menggunakan teknik mo-cap (diperankan oleh Shartlo Chopley) menjadi daya tarik yang mampu membuat Chappie tampak hidup layaknya manusia.

Para droid termasuk Chappie dibuat di Weta Workshop hasil kreasi dari Christian Pearce. Semuanya dirangkai dan didesain sesuai arahan dari sutradara. Ketika telah selesai shooting, hasil footage masuk ke meja editing dengan penggunaan teknologi CG. Bagian tersulit adalah tahapan ketika pengaplikasian CG tersebut ke dalam footage karena harus sangat teliti seperti komponen  perkabelan dan bagian wajah Chappie yang harus presisi. Gerakan Chappie juga dibuat sangat detail hingga menghasilkan 19 macam gerakan. Itu semua ditambah dengan  pengerjaan warna cat untuk masing-masing droid yang berbeda.

Pada saat adegan Chappie melawan Moose, kita dapat melihat pandangan Chappie yang mampu mendeteksi adanya Moose. Kita lalu dibawa ke sudut pandang sang robot (first person view). Pembuatan adegan tersebut ternyata cukup sederhana karena hanya menggunakan kamera GoPro yang dikenakan oleh Chopley, sedangkan penambahan fitur teknologi layaknya Jarvis di film Iron Man dikerjakan oleh tim The Embassy Visual Effect dengan Chris Harvey sebagai penanggung jawab efek visual. Tahapan akhir adalah penambahan desain pewarnaan dari teknologi HUD (Heads Up Display) ketika Moose terdeteksi hingga menghasilkan tampilan yang futuristik.