Kisah Gitaris di Film Mad Max: Fury Road

82

Gitaris Mad Max Fury Road

Fresh hampir 100% solid di situs RottenTomatoes, Anda mungkin mengantuk atau ketiduran jika tidak menyadari keberadaan karakter ‘gila’ yang satu ini yang sempat tampil menonjol di antara ansambel karakter Mad Max: Fury Road yang hampir semuanya memang didominasi karakter dengan penampilan eksentrik serta aneh bib ajaib. Ya, terlihat ‘digantung’ di bagian depan salah satu kendaraan nyentrik pasukan Immortan Joe berlatar segudang speaker, amplifier, dan megaphone, karakter yang ternyata dikenal sebagai The Doof Warrior atau Coma Doof ini selalu terlihat memainkan gitar listriknya yang sekaligus berfungsi sebagai flamethrower — senantiasa memperdengarkan musik badass penyemangat pasukannya dalam aksi pertarungan dan kejar-kejaran mereka. Siapakah sosok Coma sebenarnya?

Diperankan oleh Sean Hape, musisi asal Australia yang dikenal dengan nama panggung iOTA ini menjelaskan bahwa Miller mengisahkan Coma sebagai anak buah Immortan Joe yang belajar menjadi musisi setelah ditemukan oleh sang tiran dalam sebuah gua. Lebih lanjut, iOTA menambahkan detail bagi karakter tersebut, di mana Coma ditemukan oleh Immortan Joe tak mau berpisah dengan kepala sang ibu yang telah lebih dulu mati terbunuh. Untuk menghormati mendiang ibunya, Coma kemudian menguliti wajah sang bunda dan membuatnya menjadi topeng yang ia selalu ia kenakan saat pergi berperang. Sounds twisted enough? Well, segila apa pun itu, Miller menjelaskan bahwa keberadaan Coma memang sejalan dan masuk akal dengan dunia film besutannya. “Dari zaman komunikasi pra-modern, musik perang selalu ada — selompret, terompet bariton, bagpipe, drum. Setiap budaya perang selalu memiliki suara tersendiri untuk memberi sinyal pada para pasukannya. Dan, versi kita hanya difungsigandakan sebagai senjata, yaitu flamethrower,” jelas sang sineas.

Hebatnya lagi, banyaknya practical effect yang diterapkan Mad Max: Fury Road juga tak mengecualikan gitar ini yang dapat benar-benar menembakkan api dikontrol dari bagian whammy bar-nya. Meskipun keren, gitar ini jelas bukan alat musik yang ideal. “It spent a lot of time out in the desert, you wouldn’t want to record with it,” ujar musisi yang langsung tanpa ragu mengikuti audisi untuk karakternya yang dideskripsikan sebagai perpaduan Keith Richards dengan orang-orangan sawah ini.