Kisah Desain Kostum di Balik Film La La Land

33

la_la_land

Sebuah film drama musikal yang dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone, baru saja memenangkan 7 penghargaan Golden Globes 2017.  Film yang berjudul La La Land tersebut menceritakan tentang kisah cinta Sebastian Wilder seorang pencinta musik jazz dan Mia Dolan yang ingin menjadi seorang aktris ini dikemas dengan sentuhan drama musikal yang romantis. Damien Chazelle sang sutradara sukses menyajikan La La Land bak panggung Broadway, dengan visual yang dreamy serta nuansa tahun 40an di Los Angeles yang menggumkan. Tak hanya set dan musik yang menarik untuk dibahas desain kostum dari film ini patut di simak.

Tak mudah bagi seorang costume designer film dalam menciptakan wardrobe yang mampu menginterpretasikan sebuah cerita. Mary Zophres sebagai perancang pakaian La La Land mewujudkan visual Chazelle yang kaya akan kreativitas dengana timeless look dalam setiap desainnyaFilm Singin’ in the Rain (1952),  Baz Luhrmann’s Romeo and Juliet (1996), Strictly Ballroom (1993) hingga Boogie Nights (1997 dan  Catch Me If You Can (2002) pun menjadi inspirasi kreasi Zophers untuk La La Land.  

Perancang busana ini sukses menciptakan berbagai penampilan menarik untuk Emma Stones yang didominasi rok dan gaun bersentuhan klasik aksen flowly palet vibran, sedangkan pakaian sehari-sehari Mia, Zophres menyiapkannya beberapa item dari toko vintage dan merk ternama untuk memberikan tampilan daily yang real. Tak hanya Mia,sang desainer juga mendesain khusus seluruh pakaian Sebastian dengan material yang nyaman untuk memudahkannya bergerak, serta sepatu khusus untuk menari.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai desain kostum La La Land silahkan baca disini.