Ini Dia Film Drama/Komedi Terbaik di Tahun 2016

32

film drama komedi

Secara teknis, setiap film memiliki unsur drama di dalamnya. Baik dalam film action, adventure, crime, horror, thriller, sci-fi, dan sebagainya. Hanya saja, unsur drama ini dikesampingkan dan terkadang hanya dijadikan sebagai pendukung dari cerita.

Dirasa sebagai genre film yang “berat”, tidak jarang film drama didampingi dengan genre komedi untuk menghasilkan cerita yang lebih “ringan”. Sebagai apresiasi terhadap sejumlah film drama/komedi yang sudah hadir di tahun 2016 ini, berikut kami sajikan tujuh film dengan genre drama/komedi terbaik di tahun ini menurut versi Cinemags.

The Edge of Seventeen

Dibintangi oleh aktris dan penyanyi muda nan cantik, Hailee Steinfield, The Edge of Seventeen merupakan sebuah film coming-of-age yang bernuansa komedi. Disutradarai dan ditulis oleh Kelly Fremon Craig, film ini mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Nadine yang tengah berada di masa “kekacauannya” sebagai remaja. Rasa canggung, takut menghadapi masa depan, dan tekanan psikologis dari teman-teman seusianya. Belum lagi kesehariannya yang selalu berada di bawah bayang-bayang kakak laki-lakinya yang populer, Darian, dan hubungan dengan ibunya juga tidak cukup baik. Beruntung Nadine memiliki seorang sahabat bernama Krista. Namun, semua itu selesai sampai Krista ternyata memiliki hubungan dengan kakaknya. Merasa dikhianati, Nadine memutuskan persahabatannya dan berusaha untuk berteman dengan salah satu teman sekelasnya, Erwin.

Dirilis pada 18 November 2016, proyek ini diproduseri oleh peraih Oscar, James L. Brooks. Selain Steinfield, The Edge of Seventeen juga menghadirkan Woody Harrelson, Heyden Szeto, Kira Sedgwick, Blake Jenner (Everybody Wants Some!), dan Haley Lu Richardson (The Bronze).

Love & Friendship

Love & Friendship merupakan proyek kerja sama antara Irlandia, Prancis, dan Belanda. Dirilis pertama kali dalam Sundance Film Festival 2016, film yang disutradarai oleh peraih piala Oscar, Whit Stillman, ini diadaptasi dari sebuah novel karya Jane Austen yang berjudul Lady Susan. Dengan mengambil latar abad ke-18 di Inggris, Love & Friendship mengisahkan tentang seorang janda cantik bernama Lady Susan Vernon yang tinggal di rumah mertuanya. Sementara itu, Lady Vernon yang cerdas, pandai merayu, egois, berkeinginan untuk mencarikan jodoh untuk anaknya, Frederica, dan tentu juga untuk dirinya sendiri. Dia pun dibantu oleh teman lamanya yang bernama Alicia. Namun, dua orang pelamar yang berparas tampan tiba-tiba saja menyulitkan dirinya. Dengan naskah yang juga ditulis oleh Stillman, film ini dibintangi oleh Kate Beckinsale, Chloe Sevigny, Morfydd Clark, Emma Greenwell, Tom Bennett, James Fleet, Jemma Redgrave, Justin Edwards, Jenn Murray, Xavier Samuel, dan Stephen Fry.

Don’t Think Twice

Disutradarai oleh Mike Birbiglia (Sleepwalk with Me), Don’t Think Twice dirilis pada tanggal 22 Juni 2016. Proyek produksi Cold Iron Pictures dan Film Arcade ini mengisahkan tentang sebuah kelompok komedi improvisasi bernama The Commune yang berbasis di New York. Beranggotakan enam orang sahabat, Miles, Samantha, Jack, Allison, Bill, dan Lindsay, penampilan mereka selalu berhasil memukau para penontonnya. Sampai pada suatu ketika, mereka terancam akan kehilangan panggung tempat mereka biasa beraksi dan di waktu yang nyaris bersamaan sebuah acara televisi ternama datang ke pertunjukan mereka untuk merekrut. Sayangnya, hanya dua anggota yang akan bergabung dalam acara tersebut. Keretakan pun mengancam kebersamaan The Commune dan persahabatan mereka.

Dalam film ini, Birbiglia tidak hanya bertindak sebagai sutradara, tapi dia juga menulis dan membintangi proyek ini bersama dengan Keegan-Michael Key, Gillian Jacobs, Kate Micucci, Tami Sagher, dan Chris Gethard. Berhasil meraup keuntungan 92.835 USD pada minggu pertamanya di New York, Don’t Think Twice menyajikan kisah komedi yang sangat lucu sekaligus mengharukan.

Sing Street

Menyajikan kisah coming-of-age, film drama komedi yang satu ini di-setting pada era 80-an. Disutradarai dan ditulis oleh John Carney, Sing Street mengisahkan tentang seorang remaja bernama Conor yang tinggal di Dublin. Dia terpaksa bersekolah di sekolah Katolik karena kedua orang tuanya tidak sanggup membiayainya untuk sekolah di sekolah swasta. Permasalahan Conor pun ditambah dengan tindakan bullying yang diterimanya dari murid lain di sekolahnya. Sampai suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Raphina. Mengaku sebagai seorang model, Conor pun mengajak Raphina menjadi model video untuk bandnya. Setelah Raphina mengiyakan ajakan itu, Conor pun segera membentuk sebuah grup, menulis lagu, dan berusaha untuk menguasai musik dalam waktu singkat, tentunya dengan bantuan dari kakaknya, Brendan. Semakin Conor dekat dengan Raphina, Conor tidak hanya semakin mendalami musik, tapi dia juga semakin mengenal Raphina lebih jauh.

Dirilis pertama kali pada Sundance Film Festival 2016, Sing Street dibintangi oleh Ferdia Walsh-Peelo, Lucy Boynton, Maria Doyle Kennedy, Aidan Gillen, Jack Reynor, dan Kelly Thornton. Dengan menyajikan alur yang lucu, manis, dan menyentuh, Carney juga membawa penonton kembali ke era 80-an dengan berbagai musik pop klasik yang terkenal di masa itu. Seperti A-Ha, Duran Duran, Hall & Oates, The Cure, The Clash, Spandau Ballet, dan The Jam.

Baca Juga: Inilah 10 Film Paling Populer 2016 Versi IMDb !