[FACE 2 FACE] John Wick vs The Equalizer

278

John-Wick-The-Equalizer

Film action merupakan film yang disukai oleh berbagai kalangan penonton. Banyaknya film action yang diproduksi Hollywood terbukti mampu meraup keuntungan besar dan menjadikan genre ini kerap diangkat oleh para filmmaker. Dari mulai film aksi era lama seperti Rambo hingga film aksi era baru seperti Mission Impossible terus digemari para pencinta film dan sengaja dibuat sekuelnya demi meraup pundi-pundi dolar yang berlimpah. Bicara mengenai film aksi, belakangan ini terdapat dua film yang sama-sama mencuri perhatian penonton karena kualitasnya yang apik dan bintang utamanya yang karismatik. Adalah John Wick dan The Equalizer, dua film yang sarat dengan adegan baku tembak dan mempunyai musuh yang sama yakni mafia Rusia. Banyak kesamaan yang membuat dua film ini layak untuk diperbandingkan dalam rubrik ini. Oleh karenanya, mari kita hadapkan keduanya berdasarkan empat kategori penilaian, yakni Star Factor, Action Scenes, Gross/Box Office, dan Main Villain.

Star Factor. Tak dapat dipungkiri lagi, pemilihan aktor yang tepat merupakan faktor terpenting penentu kesuksesan sebuah film. Jika dilihat dari bintang utamanya, baik Denzel Washington maupun Keanu Reeves sama-sama mampu tampil memeesona. Keduanya mempertunjukkan kemampuan beladirinya dan keahliannya dalam menggunakan senjata api. Danzel yang dalam filmnya diceritakan  sebagai seorang mantan pasukan khusus CIA bernama Robert McCall memperlihatkan sisi gelapnya kala menghajar tanpa ampun para mafia Rusia. Pun begitu dengan Reeves yang dikisahkan sebagai pembunuh bayaran bernama John Wick. Di kategori ini, kedua film layak mendapatkan nilai yang seimbang.

Action Scenes. Elemen aksi merupakan inti dari sebuah film aksi, bagaimana kemampuan sang sutradara diuji dalam menghadirkan elemen aksi yang mampu membuat jantung penonton berdebar kencang saat menyaksikannya. Meskipun keduanya menampilkan adegan pertarungan yang sama-sama mencengangkan, namun John Wick layak unggul atas rivalnya. Film garapan Chad Stahelski dan David Leitch ini mampu mengantarkan elemen aksi yang apik dengan koreografi yang tergarap baik, terutama adegan di klub malam yang epik!

Gross/Box Office. Bicara soal pendapatan, kedua film ini bisa dikatakan sama-sama untung. Menelan biaya produksi sebesar $55 juta, The Equalizer mampu meraup penghasilan sebesar $192,3 juta. Sedangkan John Wick berhasil mengumpulkan pendapatan $78,7 juta, dengan bujet awal yang hanya $20 juta. Kedua film ini menghasil keuntungan hampir empat kali lipat dari bujet produksinya. Maka, untuk kategori ini, keduanya berimbang.

Main Villain. Dalam film action, tokoh antagonis adalah tokoh yang sama pentingnya dengan pemeran utama. Semakin kejam musuh, maka semakin sulit usaha pemeran utama dalam menegakkan kebenaran. Kedua musuh utama dalam filmnya sama-sama berasal dari Rusia, namun The Equalizer layak unggul karena mempunyai Nicolai Itchenko (Marton Csokas) yang begitu kejam, kuat secara fisik, dan ahli dalam senjata api maupun beladiri. Sedangkan dalam John Wick, Viggo Tarasov (Michael Nyqvist) adalah mafia yang kejam dan berpengaruh, namun jika sudah masuk dalam pertarungan satu lawan satu, ia tidak dapat berbuat banyak di hadapan John Wick yang dapat memenangkan pertarungan meski ia sudah terluka sejak awal. Usai memperbandingkan kedua film di atas. Hasil akhir yang seimbang memang layak untuk kedua film action yang mengandalkan formula ‘one man show’ ini.

John Wick

Film

The Equalizer

4

Star Factor

4

4

Action Element

3,5

3,5

Box Office

3,5

3,5

The Enemy

4

3,5

Final Score

3,5