AoU_Thanos

Easter Egg MCU Terbesar Ada Dalam Nama ‘THANOS’

1095

Thanos

Ini adalah artikel dari komunitas Cinemags dan tidak mencerminkan pandangan editorial Cinemags. Andapun bisa membuat artikel serupa di sini.
linebreak-720x40

Ada potensial spoiler di dalam artikel ini. Anda telah diperingatkan.

Sejak cameo singkat Thanos dalam post-credit scene film The Avengers/Avengers Assemble yang dirilis pada 2012 lalu, banyak penggemar yang berspekulasi kalau Marvel Studios akan mengadaptasi komik Infinity Gauntlet yang mengisahkan sepak terjang Thanos dalam mengumpulkan 6 Infinity Gems/Stones yang nantinya disatukan dengan sebuah gauntlet (semacam sarung tangan berbahan metal) untuk membentuk sebuah senjata terkuat di seluruh alam semesta. Apalagi setelah Joss Whedon, sutradara The Avengers, mengkonfirmasi kalau The Tesseract yang diperebutkan dalam film Captain America: The First Avenger dan kemudian diperebutkan kembali dalam film The Avengers adalah salah satu dari 6 Infinity Stones.

Lalu Apa Itu Infinity Stones?

Menurut MCU wiki; “The Infinity Stones adalah enam obyek yang sangat kuat yang terhubung dengan elemen-elemen yang berbeda dari alam semesta, yang diciptakan oleh The Cosmic Entities. Setiap batu memiliki kemampuan yang unik yang telah ditingkatkan dan diubah oleh berbagai peradaban alien selama ribuan tahun.”
Dengan kata lain, The Infinity Stones adalah semacam batu akik dari luar angkasa dengan kekuatan maha dahsyat.
Ke enam Infinity Stones itu adalah;
– Space Stone/Tesseract/The Cosmic Cube (MCU); muncul dalam film Captain America: The First Avenger dan The Avengers, mempunyai kekuatan untuk ber-teleportasi ke mana saja (seperti pintu ke mana saja milik Doraemon cuma lebih keren). Terakhir berada dalam kepemilikan bangsa Asgard.
– Reality Stone/Aether (MCU); muncul dalam film Thor: The Dark World, mempunyai kemampuan untuk mengubah realita. Itu sebabnya Malekith, musuh utama dalam film Thor: The Dark World, mengejar The Aether karena mempunyai tujuan untuk merubah alam semesta menjadi dunia kegelapan, ‘The Dark World’. Terakhir dititipkan kepada The Collector di Knowhere.
– Mind Stone/The Scepter (MCU); tongkat/tombak milik Loki, muncul dalam film The Avengers dan Avengers: Age of Ultron, kurang lebih kemampuannya adalah bisa memanipulasi pikiran seseorang. Terakhir batu akik yang satu ini tersimpan dalam kepala The Vision dan menjadi sumber kekuatannya. Hmm….
– Power Stone/The Orb (MCU); muncul dalam film Guardians of the Galaxy, mempunyai kemampuan untuk menghancurkan apa saja. Terakhir disimpan oleh organisasi militer The Nova Corps.
– Time Stone; belum muncul di film MCU manapun.
– Soul Stone; juga belum muncul.

Baca Juga:  Era Digital, Apa Dampaknya pada Visual Suatu Film?

Nah, sekarang mari kita berspekulasi, atau mungkin istilah kerennya, bercocokologi.
Jika kita perhatikan, huruf awal dari ke empat benda yang menyimpan Infinity Stones, jika kita atur akan membentuk sebuah nama yang tidak asing.
– Space Stone/Tesseract = T
– Reality Stone/Aether = A
– Power Stone/Orb = O
– Mind Stone/Scepter = S
Masih belum jelas? Ada enam Infinity Stone bukan? Katakanlah kalau dua Infinity Stones yang terakhir mempunyai awalan H dan N. Jadi kalau digabung akan membentuk T, H, A, N, O, S. Lalu apa dua benda terakhir dengan huruf awal H dan N yang kemungkinan menyimpan sebuah batu akik maha dahsyat di jagat MCU ini?

Dr Strange

Time Stone

Salah satu film Marvel Studios yang juga akan rilis tahun ini adalah Dr Strange. Dr Strange adalah seorang Sorcerer Supreme atau penyihir agung yang memiliki benda bernama The Eye of Agamoto. Menariknya, dalam sebuah wawancara, Kevin Feige, bosnya Marvel Studio, mengatakan kalau salah satu kekuatan The Eye of Agamoto adalah memanipulasi waktu. Dan yang lebih menarik lagi, dalam foto resmi pertama dari film Dr Strange yang telah dirilis, benda yang menyimpan The Eye of Agamoto adalah sebuah kalung, yang dalam bahasa Inggris berarti necklace. N. Mungkinkah The Eye of Agamoto adalah sebuah Infinity Stone yang berupa The Time Stone?

Thor

Soul Stone

Banyak yang bercocokologi kalau H dalam teori T-H-A-N-O-S adalah Heimdall, penjaga portal Asgard. Karena di film Thor: The Dark World, Heimdall pernah berkata kalau dia bisa melihat semua jiwa (soul) di seluruh alam semesta. Sedangkan salah satu kekuatan The Soul Stone adalah membaca atau memanipulasi jiwa seseorang. Orang boleh bercocokologi, tapi saya punya teori tersendiri untuk yang satu ini.
Menurut saya, benda terakhir yang menyimpan Infinity Stone (yang dalam hal ini Soul Stone) tidak lain adalah Mjolnir, palu sakti milik Thor. Palu dalam bahasa Inggris adalah hammer. H. Kenapa palunya Thor? Karena kata-kata Odin di film Thor yang pertama; “Hanya yang berhak/pantas sajalah yang bisa mengangkat Mjolnir.” Bagaimana Mjolnir bisa membedakan mana yang berhak dan mana yang tidak? Karena di dalam Mjolnir ada Soul Stone yang bisa membaca jiwa seseorang. Jreng jreng jreng! 🙂
Itu sebabnya kenapa Tony Stark tidak bisa mengangkat Mjolnir dalam film Avengers: Age of Ultron, karena walaupun seorang superhero, Tony adalah seorang yang egois dan (maaf) brengsek. Bahkan seorang Captain America pun tidak bisa mengangkat Mjolnir, karena Steve Rogers tidak sesuci yang dipikirkan orang. Meminjam kata-kata Ultron, Captain America adalah seorang (maaf lagi) munafik yang sok suci yang berpura-pura bisa hidup normal tanpa perang. Di akhir film Avengers: Age of Ultron, Steve sendiri bahkan mengakui kalau dia memang sudah menjadi orang yang berbeda semenjak ‘terbangun’ dari ‘tidur’ lamanya.

Baca Juga:  Review Film The Witch - Sajian Horror yang Apik dari Robert Eggers

Jadi, kalau kita simpulkan dan urutkan;
– T = Tesseract/The Cosmic Cube (Space Stone)
– H = Hammer/Mjolnir (Soul Stone)
– A = Aether (Reality Stone)
– N = Necklace/The Eye of Agamoto (Time Stone)
– O = Orb (Power Stone)
– S = Scepter (Mind Stone)
THANOS. Wow wow wow! 🙂
Apa artinya ini untuk masa depan MCU? Jika cocokologi saya benar, suatu saat Thanos akan berhasil mengumpulkan semua enam Infinity Stones. Dan tiga Infinity Stones berada dalam kepemilikan dua anggota Avengers dan satu calon anggota Avengers, Dr Strange. Bahkan milik The Vision, The Mind Stone, berada dalam dirinya. Itu berarti, Mjolnir milik Thor dan The Eye of Agamoto milik Dr Strange akan hancur dan The Vision akan terbunuh di film Avengers: Infinity War.


TAG