Disney Fox

Disney Tinggal Selangkah Lagi Untuk Mengakuisisi Fox

4

Disney Fox

Sepertinya proses merger antara Disney dan Fox mungkin akan benar-benar terjadi. Awal bulan November lalu, sebuah rumor (yang kemudian terbukti kebenarannya) mengenai keinginan The Walt Disney Company (Disney) untuk membeli sebagian besar asset 20th Century Fox seperti Fox Television dan 20th Century Fox movie studio serta FX Networks, National Geographic, Star dan Sky.

Sebuah laporan terbaru dari CNBC mengatakan bahwa kedua belah pihak telah melanjutkan kembali perundingan-nya. Dan menurut outlet berita ini kedua belah pihak sudah hampir mencapai kesepakatan serta sudah mendekati nilai transaksi yang diperkirakan dapat mencapai $60 miliyar. Sepertinya mingu depan mereka sudah dapat mencapai kesepakatan dan mengumukkan hasilnya ke publik.

Namun menurut rumor yang beredar, Fox News, jaringan penyiaran Fox, media lokal dan media olah raga Fox tidak termasuk dalam perundingan tersebut dan tetap dalam naungan kerajaan bisnis Fox. Disney yang sudah memiliki ABC serta ESPN tidak ingin mengakuisisi media olah raga Fox karena akan dituduh melakukan praktek monopoli.

Baca Juga: Fox Ungkap Kehadiran Demon Bear di Promo Terbaru The New Mutants

 Apa saja yang apat diharapkan oleh para penggemar jika Disney dapat merealisasikan mega merger ini? Sudah pasti franchise X-Men dan Fantastic Four dapat “pulang” kembali ke Marvel Studios. Disney dipastikan akan mendapatkan berbagai franchise kelas berat seperti Alien, Predator, Planet of the Apes, Kingsman, Die Hard dan Avatar. Dan kepemilikan film Star Wars: A New Hope sudah pasti akan dikemlaikan kepada Lucasfilm.

Jika akuisis ini benar-benar terjadi maka hal ini juga akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi bisnis siaran streaming baru dari Disney. Penambahan konten-konten yang didapatkan dari Fox akan menambah besar daya saingnya.