Creed Mungkin Menjadi Penampilan Terakhir Sylvester Stallone Sebagai Rocky Balboa

37

creed finalposter

Film Creed yang merupakan spin off/sekuel dari franchise Rocky dapat disebut merupakan salah satu installment paling sukses selain film pertamanya yang dirilis pada tahun 1976. Film arahan Ryan Coogler ini sukses secara finansial dan kualitas ceritanya. Bahkan film iini membuahkan sebuah piala Golden Globe untuk Sylvester Stallone dan sebuah nominasi Oscar untuk kategori Best Supporting Actor. Performa apik dari Stallone tersebut tidak terlepas dari penjiwaaan karakter yang sudah sangat melekat dalam dirinya tersebut.

Namun pada saat acara Santa Barbara International Film Festival berlangsung, Stallone membuat suatu pernyataan yang mungkin mengindikasikan bahwa dirinya tidak akan lagi memerankan karakter ikonik yang membesarkan namanya tersebut. Uniknya dia juga memberikan pernyataan yang hampir mirip mengenai karakter ikonik lainnya yang juga melekat pada dirinya, Rambo.

“I really have mixed feelings about this, seriously. I feel like Rocky, at the end of this movie on the steps, with the help of a young man, and he looks out and says, ‘From here, you can see your whole life’ — it sort of summarizes the whole thing. I don’t know how much further you can push Rocky.”

Baca Juga: Sylvester Stallone Pensiun Menjadi Rambo

Jika Stallone serius dengan pernyataannya tersebut akan sangat disayangkan jika film-film lanjutan dari saga Creed tidak dapat menghadirkan tokoh Rocky di dalamnya. Memang fokus utama filmnya akan terpusat pada Adonis , namun peranan Rocky sebagai mentor tidak dapat dikesampingkan begitu saja. Satu poin lagi yang cukup berpengaruh adalah nama Stallone merupakan nilai jual yang sangat penting dalam kelanjutan franchise ini. Dengan tidak mengurangi penilaian atas penampilan Michael B. Jordan yang cukup apik, Stallone merupakan ikon dari franchise ini. Hal terakhir yang juga merupakan hal paling berpengaruh adalah penggambaran hubungan antara Rocky Balboa dan Adonis yang saling melengkapi bukan hanya antara mentor dan murid melainkan hubungan ayah dan anak yang sangat kuat. Jika hal tersbut “hilang” dalam franchise ini, kemungkinan besar film-film lanjutannya tidak akan sesukses Creed.

Creed adalah sebuah film yang bercerita tentang perjuangan anak Apollo Creed, seorang mantan juara tinju kelas berat yang telah meninggal bernama Adonis Johnson untuk menjadi juara tinju. Sang anak yang memang mempunyai bakat bertinju berniat lebih mengenal sosok sang ayah. Adonis kemudian berangkat ke Philadelphia tempat pertarungan antara Rocky dengan ayahnya Apollo. Dia kemudian bertemu dan dilatih oleh teman dekat sang ayah, Rocky Balboa yang juga merupakan mantan juara dunia. Sampai akhirnya dia menggunakan nama ayahnya, Adonis Creed.

Film ini dibintangi oleh Sylvester Stallone (Rambo, Rocky), Michael B. Jordan (Fantastic Four), Tessa Thompson (Selma, Dear White People), Phylicia Rashad (Good Deeds) dan Graham McTavish (The Hobbit: An Unexpected Journey).