Batman vs Superman: Dawn of Justice Review

26

Batman v Superman 2015 TV SPOT

Hi.. salam kenal semua netizen dan juga penggemar film. Saya & istri menyempatkan diri untuk menonton film ini pada hari pertama tayang di kota Bandung. Secara keseluruhan saya amat sangat menyukai jalan cerita dan aksi dari film. Tidak sedikit penonton (termasuk ponakan saya) yang memberi penilaian negatif pada film ini. Saya akui Batman vs Superman akan terasa membingungkan & juga penonton belum terbiasa menonton film Batman era Chris Nolan & Christian Bale akan merasa film ini akan sangad membosankan. 

Saya penggemar berat Batman sejak usia sekitar 8 tahun dan secara pribadi merasa film ini sangad bagus dengan kualitas para pemerannya (walau sebenarnya saya masih merasa Ben Afflek kurang cocok memerankan Batman dari segi fisik) & Zack Snyder. Saya tetap menilai Batman versi Chris Nolan masih yang terbaik dan Christian Bale telah memerankan sosok Batman dengan sangad sempurna.

Kualitas acting Ben Afflek tidak perlu diragukan lagi & di Batman vs Superman Ben Afflek memerankan Bruce Wayne maupun Batman dengan baik sedangkan Henry Cavill terlihat rada datar & kurang terlihat emosinya. Gal Gadot secara fisik kurang cocok memerankan Wonder Woman & actingnya juga terlihat kurang maksimal. Jesse Eisenberg berhasil memerankan Lex Luthor dengan baik. Berbeda dengan Lex Luthor lainnya yang diperankan Gene Hackman dan juga Kevin Spacy, versi Eisenberg ini terlihat seperti anak muda yang pecicilan tapi dibalik itu tersimpan ambisi jahat yang luar biasa. Jeremy Iron juga telah melakukan pekerjaannya dengan baik dengan memerankan Alfred Pennysworth. Saya pribadi mengharapkan porsi Alfred akan lebih banyak di film yang akan datang karena saya sangad merindukan komentar komentar dingin & lucu yang kadang berunsur sindiran Alfred kepada Bruce Wayne seperti Alfred veri Michael Caine.

Dari pertama kali saya menonton trailer & membaca sinopsis Batman vs Superman saya bisa menarik kesimpulan bahwa film ini terinspirasai dari film animasi Batman: The Dark Knight Returns part 1 & 2 dan komik Superman Doomsday. Armour yang dikenakan Batman dan juga senjata berbahan Kryptonite yang digunakan bisa dibilang sangad serupa dari film animasi Batman: The Dark Knight Returns. Para animator telah bekerja sangad baik dalam menciptakan sosok Doomsday yang kuat dan sanggar walau saya merasa Doomsday di film ini terlihat mirip banget dengan versi komik.

Dari segi music tidak perlu kita ragukan seorang Hans Zimmer. Music yang dihadirkan sangad sempurna dalam menemani penonton sepanjang film ini sedangkan dari segi naskah juga telah dijalankan dengan baik oleh para penulis naskah, akan lebih baik lagi jika ditambah sedikit unsur komedi dalam percakapan. 

Overall saya memberi nilai 8.5 untuk film ini. Kekurangan film ini menurut penilaian pribadi saya adalah terlalu padat dengan durasi film sekitar 150 menit. 

Sekian penilaian pribadi saya untuk film Batman vs Superman. Sekian & terima kasih.