Aladdin Live-Action Boyong Guy Ritchie Sebagai Sutradara

63

alladin-guy richie

Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan tanggal rilis film live-action adaptasi animasi klasik Mulan, Disney kembali mengungkap perkembangan proyek live-action lainnya yang juga akan segera digarap. Kali ini datang dari film animasi klasik yang rilis pada tahun 1992, Aladdin.

Berdasarkan The Hollywood Reporter, saat ini sutradara kawakan, Guy Ritchie, sedang dalam tahap diskusi dengan pihak produksi untuk proses penggarapan live-action Aladdin. Sutradara yang akrab dengan film gangsternya ini akan mengadaptasi film animasi klasik ini melalui pendekatan yang berbeda.

Dalam film ini, Ritchie akan kembali bekerja dengan Dan Lin, produser di dua film Ritchie sebelumnya, Sherlock Holmes dan Sherlock Holmes: A Game of Shadows. Dikabarkan film adaptasi ini akan menjadi film yang penuh dengan ambisi dan modern. Meski demikian, dengan naskah yang ditulis oleh John August, penulis naskah Big Fish dan Charlie and the Chocolate Factory, elemen musikal yang ada pada film animasinya akan tetap dipertahankan.

Baca Juga: Disney Memastikan Jadwal Rilis Mulan Live-Action

 

Aladdin merupakan film animasi klasik Disney yang diadaptasi dari kisah dongeng asal Timur Tengah. Film ini disutradarai oleh sutradara yang juga menggarap The Little Mermaid dan Hercules, Ron Clements dan John Musker. Berkisah tentang seorang pemuda miskin yang mendapatkan sebuah lampu ajaib yang berisi jin. Jin yang kemudian dibebaskan dari dalam lampu ini memberikan Aladdin tiga buah permintaan sebagai tanda terima kasihnya. Dia pun menggunakan permintaan ini untuk mendekati seorang putri bernama Jasmine dan mencegah Jafar, seorang ahli sihir, menjadi seorang sultan.

Film ini menjadi film dengan keuntungan yang paling besar di tahun 1992, yaitu mencapai 217 juta USD di Amerika Serikat dan lebih dari 504 juta USD di seluruh dunia. Selain itu, film animasi yang melibatkan Robin Williams sebagai salah satu pengisi suaranya ini juga berhasil memperoleh dua nominasi dari lima nominasi Oscar yang dikandidatkan, yaitu Best Score dan Best Song untuk lagu “A Whole New World”.

Aladdin menjadi bagian dari rangkaian panjang proyek live-action Disney, termasuk di antaranya Cinderella (2015), Pete’s Dragon (2016), Beauty and the Beast (2017), dan masih banyak lagi yang lainnnya. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai jadwal rilis dari film kisah Aladdin ini.

Ritchie memulai debut sutradaranya pada tahun 1998 dalam film thriller Lock Stock, and Two Smoking Barrels. Dua film mengenai Sherlock Holmes garapannya, yang dibintangi oleh Robert Downey Jr., menjadi film yang paling sukses sepanjang karirnya dengan keuntungan mencapai 1,07 juta USD. Film produksinya yang rilis tahun lalu, The Man from U.N.C.L.E. juga berhasil meraih empat kemenangan dalam Central Ohio Film Critics Association Awards, Georgia Film Critics Association Awards, dan San Diego Film Critics Society Awards. Selanjutnya, film hasil arahan Ritchie, King Arthur: Legend of the Sword, akan tayang pada 24 Maret 2017 mendatang.