10 Cloverfield Lane Sebuah Kejutan Dari J.J. Abrams

55

10 cloverfield lane

Sutradara kreatif yang baru saja menyajikan Star Wars: The Force Awakens, J.J. abrams mengejutkan para penikmat film karena secara tiba-tiba merilis sebuah trailer film berjudul 10 Cloverfield Lane. Film ini dirumorkan sebagai prekuel, sekuel ataupun spin off dari film terdahulu yang juga diproduseri oleh Abrams pada tahun 2008 dengan judul Cloverfield. Dalam trailer tersebut digambarkan karakter seorang wanita ditawan oleh dua orang pria misterius yang menghalanginya untuk keluar dari tempat persembunyian mereka.

Dalam pernyataannya kepada Collider, Abrams mengatakan bahwa ia akan membuat film ini sebagai film petualangan yang mempunyai hubungan “saudara” dengan Cloverfield. Dengan memakai judul yang hampir sama tentunya semua orang akan mengaitkannya dengan film yang dirilis pada tahun 2008 tersebut.

“The idea came up a long time ago during production. We wanted to make it a blood relative of Cloverfield. The idea was developed over time. We wanted to hold back the title for as long as possible.”

Baca Juga: Inilah Trailer Terbaru dari The Angry Birds Movie

Dari penjelasan Abrams tadi memang belum jelas apakah 10 Cloverfield Lane merupakan sekuel ataupun prekuel Cloverfield. Yang dapat disimpulkan  dari pernyataan Abrams tersebut, jelas kedua film ini memiliki hubungan. Film 10 Cloverfield Lane diarahkan oleh sutradara pendatang baru, Dan Trachtenberg dengan skenario dari John Campbell dan Matthew Stuecken. Film ini dijadwalkan rilis pada 11 Maret 2016. Para pemain film ini adalah  Mary Elizabeth Winstead (Abraham Lincoln: Vampire Hunter) , John Goodman (Trumbo ) dan John Gallagher Jr (Jonah Hex). Berdasarkan informasi yang dihimpun dari IMDB dan Wikipedia, sinopsis resmi film ini adalah:

“After a car accident, a young woman wakes up in an underground cellar, where most of the action takes place. She fears she has been abducted by a survivalist, who tells her he saved her life and that a chemical attack has left the outside world uninhabitable. Uncertain what to believe, she decides she must escape, whatever dangers she may face outside”

Sebagai penyegar ingatan film Cloverfield adalah sebuah film monster/horor yang diluncurkan pada tahun 2008. Film ini diproduseri oleh J.J. Abrams, disutradarai oleh Matt Reeves dengan naskah yang ditulis oleh Drew Goddard. Sebelum film ini diluncurkan, Paramount Pictures melakukan kampanye viral marketing untuk mempromosikan film ini. Termasuk dalam kampanye ini adalah tie-in viral yang mirip dengan alternate game reality berjudul Lost Experience. Film ini berkisah pada lima orang muda penduduk New York yang mengadakan pesta perpisahan untuk seorang teman pada malam yang sama ketika monster Cloverfield menyerang kota New York. Film ini disajikan sebagai serangkaian adegan yang diambil dengan kamera digital tangan yang diperoleh Departemen Pertahanan Amerka Serikat berhubungan dengan Case Designate “Cloverfield” di US-447, suatu daerah yang dulu dikenal sebagai Central Park. Seluruh gambar yang ada di dalam film ini diambil dalam konteks kamera video personal yang dioperasikan oleh beberapa karakter di sepanjang film.